Beberapa hari sempat galau lantaran indikator ABS dipanel mobil saya selalu menyala.
Normalnya, indikator ini hanya menyala sesaat ketika kontak di-onkan.
Penyebab dari menyalanya indikator abs ini karna kabel sensor absnya terputus.
Saya tidak membahas kronologi kerusakan
Disini saya berbagi, cara memperbaiki sensor tersebut tanpa harus mengeluarkan dana lebih banyak. Secara fisik bentuk sensor ABS ini bervariasi.
Yang saya perbaiki disini adalah sensor ABS Toyota Vios Limo Gen 2 Tahun 2007.
Ada baiknya sebelum melakukan perbaikan sensor ukur dulu hambatan sensor tersebut dengan alat multi teseter di soket sensor abs nya, ini untuk memastikan kondisi kabel sensor. apabila masih bagus jarum tester akan bergerak. kalau masih bagus lebih baik dilakukan menghapus kode eror dtc ABS dulu. jangan lupa - dan + jangan kebalik karena tidak akan jalan jarumnya kalau kebalik. apabila tidak bergerak sama sekali bisa dipastikan kabel putus atau sensor sudah rusak.
Berikut alat - alat yang saya pakai untuk memperbaiki sensor abs yang kabelnya terputus.
1. Kunci ring 10mm untuk membuka/memasang baut sensor.
2. Gergaji besi atau gerinda besi untuk memotong tabung kabel atas di sensor abs
3. Solder
4. Timah solder secukupnya
5. Pisau/cutter untuk membersihkan kaki sensor
5. plastik stell untuk memperkuat soldiran kabel ke kaki-kaki abs
6. Kikir atau amplas untuk merapikan bekas lem
potonglah ujung kabel di dekat sensor sampai terlihat kaki kuningan sensor
setelah itu cek kaki kuningan sensor abs itu dengan multi tester ( kabel - + jangan kebalik, kalau kebalik jarum tetep diam saja. untuk itu lebih baik kabel di bolak balik saat pengecekan) apabila jarum naik ada hambatan berarti sensor masih bisa digunakan, tapi kalu tidak ada reaksi berarti sensor abs sudah layak ganti ( tidak bisa digunakan lagi.
kalau masih ada hambatan siap kan kabel nya dan tinggal solder
untuk vios limo gen 2 kabel biru + putih -.
setelah kabel sudah disoldir jangan lupa cek kembali pakai multi teseter antara kabel men dan plus tadi untuk memastikan kabel sudah terhubung dengan sensor. kalau tester menunjukan ada tahanan atau jarum ada respon naik berarti sudah terhubung semua sekarang tinggal kita plastik stell untuk bekas soldernya.
setelah itu jangan lupa tester lagi supaya yakin kabel soldir tidak rusak ( masih terhubung dengan sensor)
selesai tinggal pasang dan hapus kode DTC abs.
1. Gunakan kabel jumper hubungkan terminal 4 dan terminal 13 pada DLC 3.
2. Putar switch pengapian ke on (IG).
3.Hapus DTC yang tersimpan dalam ECU skid control dengan menekan pedal rem 8 kali atau lebih dalam waktu 5 detik.
![]() |
| Tekan pedal rem 8 kali atau lebih dalam waktu 5 detik |
4.Periksa apakah kedipan lampu ABS menampilkan pola kode sistem yang normal.
5.Lepas SST dari terminal DLC3.
6.Putar switch pengapian ke off.
Langkah akhir Pemeriksaan dan menghapus DTC
Putar switch pengapian ke on (IG).
Periksa bahwa lampu peringatan ABS padam dalam waktu kira-kira 3 detik.
Putar switch pengapian ke off.







Makin mangtab dah obengvili...two thumbs up
BalasHapusGimana klw kabel ny yg di potong? Biar mudah nyambung balik bos? Atau memang mutlak kabel ujung sensor yg di potong bos. Mohon pencerahan nya ..
BalasHapus